Welcome To My Blog

Applets

Kamis, 28 April 2016
Di post ketiga ini saya akan membahas tugas ketiga media PBM dan TIK yaitu mengenai applets. Apa sih applet???
applet adalah aplikasi kecil yang melakukan tugas tertentu yang berjalan dalam lingkup program yang lebih besar, seringkali sebagai plug-in (Ahsan Basayef, 2013, apa pengertian applet, http://muslim-kreativ.blogspot.co.id/2013/09/apa-pengertian-applet.html, diakses tanggal 29 april 2016).
Applet yang kami gunakan adalah Wisweb Applets dari Freudenthal Institut.
Sebelum kami diberi tugas untuk memilih dan menjelaskan cara bermain applet Prof.Dr.Zulkardi, M.I.Kom.,M.Sc bersama Ibu Weni Dwi Pratiwi, M.Sc menyuruh kami mencoba terlebih dahulu applet yg bernama "Building House"




Di applet "Building House" ini kita bermain imajinasi untuk membangun ruang sesuai dengan gambar disamping yang menunjukkan tampilan atas, depan, dan samping bangun tersebut dengan jumlah kubus untuk membangunnya dibatasi. Jika tampilan sesuai dengan gambar disampingnya namun jumlah kubus tidak sesuai dengan yang diminta maka akan ada bulatan kuning. Dan jika tampilan sesuai dengan gambar disampingnya dan jumlah kubus sesuai dengan yang diminta maka akan ada bulatan hijau.







Dan kelompok kami memilih game applet yang bernama "Rotating House", applet ini mirip dengan "Building House" bedanya "Rotating House" tampilan yang diminta dari 3D menjadi 2D seperti tampilan disampingnya namun kalau "Building House" tampilan yang diminta dari 2D menjadi 3D.

Cara bermainnya adalah kita hanya cukup mengubah bangun ruang yang ada menjadi bangun datar seperti yang diminta. Ada 20 pertanyaan didalam applet ini, disetiap soal diberi dua kesempatan, jika saat kesempatan pertama benar maka lingkaran berwarna hijau, jika saat kesempatan kedua baru benar maka lingkaran akan berwarna hijau namun garis lingkarannya berwarna merah karena pada kesempatan pertama tadi salah, dan jika dalam dua kesempatan salah terus menerus maka lingkaran berwarna merah.



0 komentar:

Posting Komentar