Welcome To My Blog

Alat Peraga

Selasa, 19 Januari 2016
Blog ini dibuat untuk memenuhi tugas program studi PBM(Proses Belajar Mengajar) dan TIK(Teknologi Informasi dan Komunikasi) sekaligus untuk berbagi pengetahuan kepada pembaca, yang pertama kami diberi tugas perkelompok untuk membuat alat peraga yang konvensial/tradisional yakni alat peraga non komputer. Dimana tujuan alat peraga sendiri agar siswa lebih memudah memahami dengan melihat media alat peraga. Sebelum kami menunjukkan hasil alat peraga dari kelompok kami, saat awal per-mata kuliahan Prof.Dr.Zulkardi, M.I.Kom.,M.Sc bersama Ibu Weni Dwi Pratiwi, M.Sc membagikan setiap kelompok seutas tali yang panjangnya 1 m. Dimana kami harus membagi tali tersebut sebanyak 12 ikatan yang sama panjang dalam waktu 1 menit, dari 12 kelompok yang ada kelompok Deri Ayu Pramesti, Wahyu Adineara, dan Sri Febriani yang dapat menyelesaikan tepat waktu. Dan kesimpulan agar tali tersebut terbagi menjadi 12 ikatan sama panjang, maka kita butuhkan pola : 
1) 2, 3, 2                       2) 2,2,3                 3)3,2,2
Dari 12 ikatan yang sama panjang tadi, kita juga dapat membuat persegi, persegi panjang dan macam-macam segitiga :


Setelah bermain dengan alat perga tali tersebut, akhirnya kami dipersilahkan mempresentasikan hasil alat peraga kepada teman-teman. Dimana suasana kelas pada hari ini dibuat seperti pameran, yang terdiri dari stan untuk menunjukkan hasil alat peraga perkelompok. Namun, karena hari itu ada beberapa teman kami yang diutus untuk datang ke seminar makan hanya 10 kelompok saja yang mempresentasikan alat peraganya. Dan dari kelompok kami, hanya ada saya dikarenakan kedua teman saya Atikarani Noer Salehah dan Annisa Nurzalena sedang mengikuti seminar. Dan saat itu saya bekerja sama dengan M.Ridho Ratu Berlian disebabkan kedua teman sekelompoknya Rogayah dan Djoko Abimanyu pun sedang mengikuti seminar, tetapi kami hanya memperagakan alat peraga dari kelompok saya karena alat peraga kelompok Ridho dibawah oleh anggota kelompoknya yang lain.
Kelompok saya mempersembahkan alat peraga mengenai bangun ruang, dimana alat peraga tersebut kami beri nama ULTRA-3D yang memiliki kepanjangan ular tangga tiga dimensi. Kami terinspirasi dengan permainan ular tangga, kami berfikir bahwa permainan ular tangga sudah sangat familiar bagi siswa sehingga jika kami membuat alat peraga dengan ular tangga akan menambah minat mereka untuk belajar. Permainan ulat tangga ini kami modifikasi dimana dadunya ber-isi-kan pertanyaan-pertanyaan, dan papan ular tangganya berisi gambar-gambar bangun ruang. Berikut hasil karya kami :











Dari hasil alat peraga kami, Ibu Weni dan teman saya M.ridho ratu berlian memberikan komentar bahwa alat peraga kami sudah bagus, namun sayang tidak ada kertas untuk menggambar jaring2 bangun ruang sesuai pertanyaan pada dadu no.6. Oleh karena itu, kami pun menempelkan stick notes pada alat peraga kami sebagai revisi yang berdasarkan saran Ibu Weni dan teman saya Ridho.

Berikut adalah alat peraga dari kelompok lain dan ulasannya menurut saya:
  • Alat peraga hitung bilangan pada persegi - Kelompok Deri Ayu Pramesti, Wahyu Adi Negara dan Sri Febriani
Menurut saya alat peraga ini sekilas mirip permainan sudoku tapi untuk permainan ini jumlah angka pada tiap baris, kolom ataupun diagonalnya harus berjumlah sama yakni menjadi 15. Permainan ini diawal cukup menarik, namun jika sudah tau cara bermainnya maka permainan semakin lama akan semakin terasa membosankan.
  • Math Domino - Kelompok Amy arimbi, Novi Suryani, Fitriyah

Menurut saya, alat peraga ini sangan inofatif sekali karena dia seperti domino namun berisi soal-soal matematika. Dan ini menurut saya sangat menarik untuk dimainkan karena kita disuruh untuk berfikip lebih dalam permainan ini dan disini banyak sekali materi matematika yang ada seperti combinasi, permutasi, akar, trigonometri dan lainnya. Dan ini adalah alat peraga terbaik menurut saya.
  • Mading Persamaan Linear - Kelompok Devi Kumala Sari, Resti Indah Kusuma, dan Yulianita Maharani
Menurut saya alat peraga ini kurang menarik karena dia hanya berupa seperti mading saja dan cukup membosankan.
  • Baper(Batang Perkalian) - Kelompok Nety Wahyu Saputri, Rahma Wulandari dan Novi Sariani
Menurut saya alat peraga ini menarik, dimana mempermudah kita dalam menghitung perkalian. Mungkin beberapa diantara kita sudah pernah belajar batang perkalian ini saat Sd. Dan kelompok ini mengemasnya dalam bentuk yang menarik menurut saya.
  • Dakonmatika - Kelompok Feralia Goretti S, Nadya Putri S, Ira Marion, Shera Annisa
Menuru saya alat peraga ini menarik, karena alat perga ini sangat membantu siswa untuk menentukan fpb dan kpk dengan cara yang asyik.
  • Triangles(Trigonometri Angles) - Kelompok Suci Kumala Sari, Lara Mayangsari, Hanifah Zulfitri
Menurut saya alat peraga ini menarik, karena alat peraga ini sangat membantu siswa yang kesulitan dalam mencari nilai sin,cos, maupun tan suatu sudut.
  • Puzzle Phytagoras - Kelompok Arif Miswanto, Bella Timorti, dan Intan Fajar Iswari
Menurut saya alat peraga ini menarik dalam menemukan rumus theorema phytagoras, namun alat peraga ini menurut saya cukup membosankan.
  • Pantik(Papan Statistik) - Kelompok Aisyah Turidho, Dhiah Masyitoh dan Tania Tri Septiani
Menurut saya alat peraga ini menarik, karena dapat membantu siswa dalam penyelesaian soal-soal statistik.
  • Tabung Pola Bilangan - Kelompok Reno Sutriono, Kori Auga Islamirta, Altisya Dilla
    Menurut saya alat peraga ini menarik, dalam membantu siswa menentukan pola bilangan tetapi menurut saya alat peraga ini cukup membosankan lama-kelamaan.
  • Monika(Monopoli Matematika) - Kelompok Mardiah,Aqidah Islamiah, Yuliana Novita Sari, dan Shelly Maulinda

Menurut saya alat peraga ini menarik sekali, karena alat peraga ini merupakan modifikasi dari permainan monopoli. Jadi selain bermain dengan alat peraga ini, siswa pun sambil belajar dengan menjawab pertanyaan yang ada di dalam kesempatan maupun dana umum.
  • RBD(Roda Bangun Datar) - Kelompok Rogayah, Djoko Abimanyu dan M.Ridho Ratu Berlian

Menurut saya alat peraga ini menarik, karena alat peraga ini menguji kemampuan siswa mengenai bangun datar sambil bermain roda putar.

Dan jika anda ingin mengetahui cara membuat dan memainkan alat peraga kami berikut Laporan Alat Peraga kelompok kami.
Dan untuk peragaan cara pengunaan alat bantu mengajar kami ini, anda bisa buka di video ini :

14 komentar:

  1. aisyah turidho mengatakan...:

    Susunannya keren, bagus, alat peraganya juga sangat kreatif, dan yg lbh bagus lagi fifa jg masukin alat peraga kelompok lain,tapi kalo boleh saran buat alat peraga yg kelompok lain itu sebaikny dijelasin sedikit cara pengoperasian dan fungsinya secara ringkas, tetap semangat fifa 💪💪💪

  1. Unknown mengatakan...:

    keren dek buat alat peraganya , good job :)

  1. Unknown mengatakan...:

    vitak suka sekali dengan alat peraga yang khafifa dkk buat sungguh kreatif, menghibur, dan dapat digunakan untuk mereview ingatan ttg bangun ruang .. sarannya akan lebih baik jika khafifa menuliskan juga cara bermain ULTRA-3D di blog bukan hanya lewat video krn ada beberapa
    orang yang lebih paham jika dijelaskan secara tulisan drpd visual dan mungkin saja ada orang yang malas membuka video krn berbagai macam kendala seperti koneksi dll. :D :D

  1. Unknown mengatakan...:

    hahaha iyah aisyah memang masih ingin diperbaiki soalnya kemarin masih belum ada referensi dari blog teman-teman lainnya :)
    tapi terima kasih sarannya :)

  1. Unknown mengatakan...:

    makasih banyak mbak fit :) :*

  1. Unknown mengatakan...:

    makasih vitak sarannya tapi coba baca lagi deh disitu fifa masuk.in link laporan fifa nah disana sudah ada cara pembuatan dan cara bermain.nya :)
    alasan fifa masuk.in laporan tersebut ke scribd biar pembaca lebih mudah mendowload file nya tanpa harus copy paste lagi:)
    selain itu dengan memasukkan di scribd tata letak laporan fifa lebih rapi dan tidak acak-acak.an seperti saat memasukkannya begitu saja diblog :)

  1. wahh keren ni fa blognya,, good luck fa :)
    keren juga contoh tali rafianya fifa ilustrasikan, tapi mungkin untuk saran fifa foto bentuk-bentuk talinya, yang bisa dibentuk :)
    so far so good fa.. heheehehe

  1. wahh keren ni fa blognya,, good luck fa :)
    keren juga contoh tali rafianya fifa ilustrasikan, tapi mungkin untuk saran fifa foto bentuk-bentuk talinya, yang bisa dibentuk :)
    so far so good fa.. heheehehe

  1. My Inspiration mengatakan...:

    keren fa blognya dari penulisan dan gambar tentang alat peraganya rapi terus dijelaskan secara detail :D

  1. Unknown mengatakan...:

    Makasih sarannya bella nanti akan diperbaikin lagi 😊

  1. Unknown mengatakan...:

    Makasih yulianita 😊

  1. mardiahaislamiah mengatakan...:

    Wow amazing buat khagifa dari desain blognya sampai isinga bagus karena tidak hanya menyuguhkan materi kelompoknya saja tapi juga persuasif dengan mempromosikan alat peraga kelompok lainnya
    Secara penulisan terata rapi dan materi serta lat peraga yang dibuat kreatif dan inspiratif
    Semangat khafifa

  1. Unknown mengatakan...:

    Wow makasih banyak buat mardiah atas komentar nya 😍 semangat juga mardiah 😄

  1. Unknown mengatakan...:

    Wah maaf fifa mungkin tadi gak ke baca :D

Posting Komentar